https://pacitan.times.co.id/
Ekonomi

Lebaran Aman, Ambil Uang di ATM Jangan Asal! Ini Tips Jitu dari Kapolres Pacitan

Kamis, 04 April 2024 - 16:39
Lebaran Aman, Ambil Uang di ATM Jangan Asal! Ini Tips Jitu dari Kapolres Pacitan Imbauan Kapolres Pacitan terpasang di setiap ATM dan bank jelang lebaran Idul Fitri 1445 H. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES PACITAN, PACITAN – Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah semakin dekat. Euforia menyambut hari kemenangan ini diiringi dengan meningkatnya aktivitas masyarakat, termasuk transaksi keuangan.

Namun, di balik kemeriahan Lebaran, potensi tindak kriminalitas juga mengintai. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah pencurian uang di ATM.

Menanggapi hal ini, Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, memberikan tips jitu bagi masyarakat yang ingin mengambil uang di ATM jelang Lebaran. 

"Karena saat ini sudah banyak masuk masyarakat dari luar Pacitan, kemungkinan tingkat kriminalitas akan meningkat," ujarnya, Kamis (4/4/2024). 

Berikut tips aman transaksi di ATM:

1. Perhatikan Keadaan Sekitar
Sebelum mengambil uang di ATM, perhatikan situasi dan kondisi di sekitar. Pastikan tidak ada orang yang mencurigakan atau berniat jahat.
2. Jangan Ambil Uang dalam Jumlah Besar
Jika memungkinkan, hindari mengambil uang dalam jumlah besar di ATM. Sebaiknya, lakukan transaksi secara bertahap untuk meminimalisir risiko.
3. Gunakan ATM di Tempat Terang dan Ramai
Pilihlah ATM yang berada di tempat terang dan ramai untuk meminimalisir peluang terjadinya tindak kriminalitas.
4. Minta Pengawalan Jika Diperlukan
Jika Anda merasa khawatir, jangan ragu untuk meminta pengawalan dari pihak kepolisian. Anda dapat menghubungi Polsek terdekat untuk mendapatkan bantuan.

"Jika pengambilan dalam jumlah banyak perlu kira-kita diberikan pengawalan, silakan minta pengawalan, bisa menghubungi Polsek setempat," pinta Agung.

5. Selalu Waspada dan Berhati-hati
Yang terpenting, selalu waspada dan berhati-hati saat melakukan transaksi di ATM. Jangan mudah percaya kepada orang lain dan selalu jaga kerahasiaan PIN ATM Anda.
 
"Mengantisipasi misalnya perampokan di jalan. Termasuk setelah pulang dari toko emas. Biasanya orang semua cara dilakukan untuk mendapat uang demi bisa lebaran," jelas AKBP Agung Nugroho. 

Selain itu, masyarakat agar lebih perhatian lagi terhadap keamanan kartu ATM, seperti menggunakan kartu yang memiliki chip. 

Segera ubah PIN ATM Anda secara berkala dan angan tinggalkan kartu ATM di dalam mesin ATM. Segera hubungi bank Anda jika terjadi transaksi mencurigakan.

Dengan mengikuti tips-tips Kepala Polres Pacitan di atas, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari tindak kriminalitas saat mengambil uang di ATM jelang Lebaran. Ingatlah, selalu waspada dan berhati-hati dalam setiap transaksi keuangan. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pacitan just now

Welcome to TIMES Pacitan

TIMES Pacitan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.