https://pacitan.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Ini Fakta Baru Kasus Kopi Sianida yang Diungkap Polres Pacitan

Kamis, 01 Februari 2024 - 11:20
Ini Fakta Baru Kasus Kopi Sianida yang Diungkap Polres Pacitan Tersangka pembunuhan menggunakan racun sianida yang merenggut nyawa remaja, digelandang di Polres Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES PACITAN, PACITANPolres Pacitan berhasil mengungkap kasus perkara tindak pidana pembunuhan berencana menggunakan racun sianida yang sempat menggegerkan warga beberapa waktu lalu. 

Kasus tersebut melibatkan seorang pelajar bernama MRS (12), yang diduga menjadi korban pembunuhan menggunakan racun sianida.

Peristiwa tragis ini terjadi pada Jumat, 5 Januari 2024, sekitar pukul 06.30 WIB, di rumah korban yang beralamat di RT 005/RW 008, Dusun Mekarsari, Desa/Kecamatan Sudimoro. Korban, MRS, merupakan seorang pelajar laki-laki yang lahir pada 21 Desember 2009.

Tersangka dalam kasus ini adalah Ayu Findi Antika (25 tahun), seorang perempuan yang berstatus wiraswasta. Modus operandinya melibatkan kedatangan tersangka yang berpura-pura bertamu, kemudian membubuhkan racun ke dalam kopi yang sebelumnya telah dibuat oleh ayah korban tanpa sepengetahuan orang tua korban.

Motif yang diduga kuat terkait panik lantaran tersangka merasa terganggu dengan laporan atau pengaduan ke Polsek Sudimoro yang dilakukan oleh ibu korban soal kasus pencurian buku rekening, kartu ATM, dan KTP sebelumnya. 

"Setelah dilakukan pengecekan jejak digital forensik, ada fakta tersangka pernah membeli sianida melalui online," kata Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, Kamis (1/2/2024). 

Sebelumnya Polres Pacitan telah melaksanakan olah TKP, menyita barang bukti, memeriksa saksi-saksi termasuk saksi ahli dari Kedokteran Forensik Polda Jatim.

Hal itu diperkuat dengan beberapa barang bukti yang disita kepolisian di Tempat Kejadian Perkara (TKP), di antaranya seragam pramuka korban, bungkus sisa kopi merk NEO COFFEE yang sudah diseduh dan sisa minuman kopi yang telah diminum oleh korban.

Juga, gelas tangkai bertuliskan FRESCO bekas wadah kopi korban, sendok bekas digunakan untuk mengaduk kopi korban, handphone milik tersangka, bendel rekam medis pasien yang dikeluarkan oleh Puskesmas Sudimoro dan akun aplikasi Lazada atas nama Ayu Findi Antika.

"Tersangka ini cukup lihai melakukan pencurian ATM, buku rekening dan KTP milik Sukatmini (ibu korban) yang disimpan di lemari. Bahkan bisa membobol PIN ATM," terangnya. 

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 340 KUHP atau Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, yang diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun. 

"Tersangka sebelumnya memang terjerat utang pinjol sehingga nekat untuk mencuri uang sampai melakukan pembunuhan," jelas AKBP Agung Nugroho.

Fakta Pencurian ATM

Tersangka-pembunuhan-menggunakan-racun-sianida.jpgKapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho didampingi Kasatreskrim AKP Untoro dan jajaran tunjukkan barang bukti. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia) 

Selanjutnya dari beberapa alat bukti tersebut diatas penyidik menetapkan Ayu Findi Antika sebagai tersangka pembunuhan berencana dengan menggunakan racun sianida (Cn) terhadap korban MRS.

Dari pemeriksaan secara intensif terhadap tersangka, Polisi mendapatkan hasil bahwa yang bersangkutan mengakui telah meracuni korban dengan menggunakan sianida yang diperoleh secara online melalui aplikasi Lazada. 

"Maksud tersangka beli sianida untuk membunuh salah satu keluarga dari Sukatmini agar tidak melakukan pelaporan ke pihak kepolisian tentang hilangnya buku rekening, kartu ATM dan KTP. 

Hal itu didapat dari tangkapan layar CCTV di salah satu bank saat tersangka sedang melakukan penarikan uang sebesar Rp32 juta dengan cara mendatangi customer service. 

Tersangka beralibi di hadapan customer service bank hendak mengganti pin ATM tersebut dengan cara memalsukan tandatangan pada surat permohonan penggantian Pin ATM.

Setelah berhasil mengganti pin ATM tersebut, tersangka melakukan penarikan uang di mesin ATM sebesar Rp2 juta. Karena melihat saldo milik Sukatmini masih banyak, akhirnya tersangka melakukan penarikan uang di teller sebesar Rp30 juta dengan cara menyerahkan buku rekening. 

Tersangka pun mengakui segala perbuatannya tersebut meskipun enggan membuka suara dan hanya menganggukkan kepala sambil tertunduk penuh penyesalan. 

Pengungkapan kasus kopi sianida yang merenggut nyawa remaja ini menunjukkan komitmen Polres Pacitan dalam menanggapi dan menyelesaikan tindak pidana, sehingga diharapkan mampu memberikan keadilan bagi keluarga korban, dan menjaga keamanan masyarakat Pacitan. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Pacitan just now

Welcome to TIMES Pacitan

TIMES Pacitan is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.